Langsung ke konten utama

Fokus dan Displin, Bila Hendak Lebih Maju

Semakin banyak yang kucoba pelajari maka semakin sadar aku bahwa sebaiknya aku fokus pada satu (atau beberapa) topik saja untuk dipelajari lebih lanjut.

Misalnya diberi daftar hal-hal acak, seperti berikut:

  1. Mempromosikan sepeda dan aktivitas bersepeda sekaligus asesorisnya.
  2. Belajar membuat video untuk media sosial.
  3. Mengedit foto untuk konten komersil.
  4. Belajar mesin dua tak.
  5. Mencari tempat tinggal baru.
  6. Mengoptimalisasi investasi reksadana.
  7. Mengolah dan menyajikan data dalam spreadsheet.
Apa saja yang seharusnya kupelajari dalam waktu luang yang aku punya? Tentu aku harus pintar-pintar mengaturnya. Dari daftar di atas seharusnyalah aku mengambil 1 atau 2 sebagai prioritas lebih dulu. Habiskan waktu dengan optimal untuk peningkatan kemampuan dan pemahaman sampai pada tahap tertentu sebelum aku mulai lanjut ke item berikutnya.

Jadi yang kupilih pagi ini adalah "mencari tempat tinggal baru" dan "mengolah dan menyajikan data dalam spreadsheet".

Hendaklah ini menjadi pengingat apakah yang aku pilih, dan bisakah aku disiplin dan fokus dalam hal tersebut sampai mencapai tingkatan tertentu sebelum berpindah ke topik berikutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Make Some Free Time For Yourself

Here I am, wondering how can I make some free time for myself so I can start doing some coding on the side. Yes, I decided that I might  need new ability, that is to code something. A computer program, if I may. Why? Because this is a new era where data matters. I have to be able to at least know some programming stuff, expanding (or taking up) from where I left a few years ago. Like when I started with Pascal. Then some Basic. Then move to Fortran. Never get my hands on C. What language now I will study? Either Phyton, or R. Whichever have the most free accessible library for me to study. Back to the title: how do I make some free time? I know I can, just have to find which part of my habit to kick out. Let's do this!

Daft Punk di Tron: Legacy

Dari sekian banyak blog post di internet soal film Tron: Legacy dari Disney ini, pastilah juga ada banyak yang membahas tentang Daft Punk yang mengisi ilustrasi musiknya. Tak apalah aku menambahkan satu post lagi yang bersifat minat personalku tentang angle Daft Punk, Disney, dan film fiksi ilmiah tentang komputer. Pemilihan duo Daft Punk adalah pilihan yang tepat. Musik mereka elektronik. Style  mereka robotik. Film ini tentang komputik (yeah, aku tahu aku memaksa rimanya). Tetapi betapa menariknya mendengarkan satu album ilustrasi musik untuk film ini membuatku sangat bersemangat untuk menontonnya! Aku ingin tahu apakah Linda akan merasakan hal yang sama denganku? Mengingat sekian tahun yang lalu aku membaca cerita tentang film Tron di terbitan Intisari yang saat itu sangat captivate  imajinasiku! Bayangkan: sebuah dunia dalam komputer dimana program-program saling berinteraksi, lengkap dengan adegan balap dan duel cakram! Keren! Padahal aku hanya membaca tulisan tent...

Cara Menarik Perhatian Adalah Dengan Menampilkan Yang Terbaik!

Apa yang lebih sering aku tampilkan pada dunia tak selalu adalah bagian terbaik dari diri sendiri. Bisa jadi yang terlihat adalah kombinasi  dari bertahun-tahun  kebiasaan buruk dan perilaku yang didasari rasa takut. Semua rasa tak aman dan keterbatasan itu menutupi kelebihan yang seharusnya ditunjukkan kepada semua orang. Ini berarti, daripada selalu menjadi diri sendiri (dengan segala kekurangannya yang terasa nyaman dan terbiasa ditampilkan), fokuslah pada mencari dan menampilkan sisi yang terbaik bagi diri sendiri dan untuk orang lain juga.