Langsung ke konten utama

7th Jakarta Toys And Comics Fair

Keceriaan permainan saat ini dinilai dari seberapa banyak mainan luar negeri yang kita terima dan mainkan, kita miliki dan pajang, berbagi bersama teman-teman sehobi.



Keriangan bermain adalah dengan mengeluarkan dana dalam dolar dan mata uang asing atau dalam rupiah yang membuat hati meringis karena terasa betapa tak berharganya rupiah karena begitu banyaknya angka nol hanya untuk mendapatkan sebuah action figure 4 inci.


Kebanggaan atas permainan yang pantas diwujudkan dengan seberapa banyak hal-hal yang dikonsep, diproduksi, dan diperjualbelikan berasal dari negara yang bisa jadi sangat asing bagi para pemilik mainan tersebut. Tetapi terasa dekat karena produk budayanya yang jauh lebih akrab dibandingkan produk negara sendiri.


Aku tidak anti pada negara asing. Aku hanya merasa sayang sekali bahwa negaraku ini tak punya industri mainan yang seperti yang dimiliki di luar negeri. Produksi yang mampu diekspor ke berbagai macam negara lain dan bahkan menggerakkan perekonomian negara sendiri.


Membayangkan bahwa semua ini adalah produk dari daya imajinasi sekelompok orang yang kemudian di-monetize sedemikian rupa sehingga bahkan menjadi subkultur sendiri dalam budaya mereka, yang bahkan diadopsi oleh orang-orang lain di negara asing yang memiliki imajinasi mirip tetapi tak (belum?) punya outlet bagi semua daya cipta tersebut.


Kita punya pabrik yang sebenarnya mampu memproduksi mainan seperti yang dijual di Jakarta Toys And Comics Fair 2011 ini tetapi tentu saja tak ada yang membuatnya karena produksi tanpa kepastian pembeli adalah pemborosan yang membunuh diri. Padahal produksi dan distribusi kita tentu mampu. Hanya saja, kita mau memproduksi apa yang bakalan dibeli oleh orang?


Kita berperang dengan banyak hal untuk menghasilkan apapun di dalam negeri. Kita punya potensi yang SANGAT BESAR untuk berbagai macam mainan. Hanya saja pertanyaan yang masih kita berkutat adalah "apa yang bisa dijual?" masih belum dapat dijawab sampai sekarang. Terdengar menyedihkan tetapi kita cuma bisa mencoba untuk pahami saja.


Kita bisa berkarya. Kita bisa menjualnya. Kita punya potensi pasar yang begitu besar: Bayangkan saja, ada berapa banyak penduduk kita yang masih berusia sekolah dasar? Banyak sekali. Sayangnya, ada berapa banyak dari mereka yang orangtuanya mampu dan mau membelikan mainan yang kita (akan) produksi ini? Kurasa, sedikit. Itulah yang membuat kita ragu.


Terlalu banyak hal yang kita pertimbangkan sebelum melakukan apapun. Terlalu banyak orang yang mampu berimajinasi dan berkreasi tapi tak tahu memproduksi. Ada banyak yang bisa memproduksi dan tahu jalur distribusi tapi tak mampu bermimpi dan berkreasi untuk itu.

Ada gap yang sangat besar di sini.


Celah besar inilah yang masih hanya diisi oleh pemain/produsen asing dan kita hanyalah menjadi pasar bagi mereka. Pasar yang sangat potensial dan menggiurkan. Sesuatu yang kita sadari tapi belum mampu kita eksploitasi dengan optimal. Kita masih terlena dengan kemudahan membeli mainan asing daripada berusaha susah payah memproduksi mainan sendiri. Padahal soal kreasi, kita punya. Kemampuan produksi dan distribusi, kita bisa. Pasar, luas sekali.


Ada banyak tantangan yang harus dihadapi, masalah yang harus bisa diselesaikan, sebelum kita punya line up mainan yang mampu menjadi primadona di dalam negeri sendiri. Produk budaya yang mampu menjadi subkultur yang bahkan bisa diekspor ke manca negara. Sesuatu yang bisa kita identifikasikan sebagai Indonesia ketika bahkan berada di belahan dunia yang lain.


Hal yang menyenangkan dan bisa membangkitkan nostalgia saat kita berada jauh dari kampung halaman. Mainan yang mampu kita teruskan ke anak kita dan dengan bangga bercerita bahwa ini adalah mainan yang dulu juga kita mainkan dengan segala keasyikannya. Dan bahwa ini adalah asli produk anak bangsa. Dan bahwa kita bisa katakan, suatu hari nanti, bila anak kita berkreasi dan mencipta, mereka akan membuat mainan, komik, dan bahkan segala produk turunannya, mainan yang asli Indonesia.


Jepang bisa. Kenapa kita tidak?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Persistent, With Smile"

Itulah motto yang harus kupegang dalam menjalankan tugas sekarang ini. Maksud dari "Persistent, With Smile" adalah bahwa aku tetap ngotot mencapai tujuan tugas/ kerja tanpa melupakan untuk terus tersenyum. Terdengar lebih mudah daripada kenyataannya karena saat mendapati hasilnya tak sebanding dengan upaya yang dikeluarkan, bisa jadi terasa pesimis, frustrasi, atau bahkan putus asa dan menjadi apatis! Ini tentu tidak baik dan tidak sehat. Untuk tetap bisa tersenyum dalam arti senyum yang sebenarnya, bukan senyum palsu yang dipaksakan, aku tentu akan mencoba mencari alasan yang pas. Tentu untuk bisa tersenyum dengan tulus dan punya makna, aku sedang ingin tersenyum. Yang kulakukan kemudian adalah menemukan hal-hal yang membuatku bisa tersenyum! Pencapaian kecil, lelucon pribadi, hal menyenangkan yang bisa kunikmati sendiri atau dibagi dengan orang lain. Tetap berusaha keras dengan memikirkan cara dan solusi terbaik, alternatif yang wajar, jalan keluar dari masalah,...

Daft Punk di Tron: Legacy

Dari sekian banyak blog post di internet soal film Tron: Legacy dari Disney ini, pastilah juga ada banyak yang membahas tentang Daft Punk yang mengisi ilustrasi musiknya. Tak apalah aku menambahkan satu post lagi yang bersifat minat personalku tentang angle Daft Punk, Disney, dan film fiksi ilmiah tentang komputer. Pemilihan duo Daft Punk adalah pilihan yang tepat. Musik mereka elektronik. Style  mereka robotik. Film ini tentang komputik (yeah, aku tahu aku memaksa rimanya). Tetapi betapa menariknya mendengarkan satu album ilustrasi musik untuk film ini membuatku sangat bersemangat untuk menontonnya! Aku ingin tahu apakah Linda akan merasakan hal yang sama denganku? Mengingat sekian tahun yang lalu aku membaca cerita tentang film Tron di terbitan Intisari yang saat itu sangat captivate  imajinasiku! Bayangkan: sebuah dunia dalam komputer dimana program-program saling berinteraksi, lengkap dengan adegan balap dan duel cakram! Keren! Padahal aku hanya membaca tulisan tent...

mengatur waktu sesuai kapasitas, prioritas, dan sumber daya lainnya.

 mencari tahu tentang manajemen waktu, pelan-pelan menerapkannya sesuai kondisi, konsisten dan berkomitmen dengan proses. lalu setelah beberapa waktu, melakukan evaluasi dengan maksud membuat beberapa perubahan dan penyesuaian demi semakin efektifnya bekerja. ini adalah upaya yang memerlukan ketekunan, kegigihan, dan kesabaran, selain tentunya kecerdasan pada tingkatan tertentu. prioritas yang tertinggi adalah menjadikan diri lebih baik dari sebelumnya, dapat bekerja lebih cepat atau segera mendelegasikan tugas rutin yang tidak esensial. selain itu tentunya dapat berpikir kreatif dan menemukan solusi. coba lihat paragraf di atas. aku menuliskan hal-hal seperti aku tahu banyak hal padahal tidak.